Bantuan Sosial Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) Tahun 2020

Nama Pemohon :
Hj. Abadiah, S.Pd., M.Si.-Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon

Alamat :
Jl. Pasar Baru No. 01 Kel. Jombang Wetan Kec. Jombang

Latar Belakang :
Kota Cilegon sebagai daerah industri, masih mempunyai kewajiban menangani masyarakat fakir miskin dan tidak mampu yang belum tersentuh oleh program – program pengentasan kemiskinan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu). Masih kurangnya ketersediaan dana bantuan yang bersumber dari APBN dan APBD Provinisi juga sangat berpengaruh terhadap pemerataan pemberian bantuan Pemerintah bagi masyarakat fakir miskin dan tidak mampu, sehingga menimbulkan kesenjangan sosial. Mempertimbangkan hal dimaksud dan meninjau pelaksanaan PKH dan Jamsosratu sangat efektif dalam mengentaskan kemiskinan, maka Dinas Sosial Kota Cilegon merekomendasikan program Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) sebagai salah satu program pengentasan kemiskinan di wilayah Kota Cilegon agar masyarakat fakir miskin dan tidak mampu di Kota Cilegon dapat meningkatkan kesejahteraan sosialnya. Maksud dari kesejahteraan sosial berdasarkan Undang – undang nomor 11 tahun 2009, pasal 1 poin 1 adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Maksud dan Tujuan :
Maksud : Memutus rantai kemiskinan dan menurunkan jumlah masyarakat fakir miskin dan tidak mampu di Kota Cilegon melalui efektivitas pelaksanaan program JSCM. Tujuan : 1. Meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat fakir miskin dan tidak mampu di Kota Cilegon; 2. Mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari rumah tangga fakir miskin dan tidak mampu di Kota Cilegon; 3. Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan; 4. Meningkatkan taraf pendidikan; 5. Meningkatkan status kesehatan dan gizi; 6. Meningkatkan status sosial ekonomi; 7. Terpenuhinya kebutuhan dasar pangan, sandang, dan papan; dan 8. Membangun dan mengembangkan modal sosial seperti kepercayaan, jaringan, dan kegotongroyongan melalui kelompok dan pendampingan.

Tanggal Masuk Proposal :
25 Mar, 2019

Detail Proposal

Tahapan : Verifikasi TAPD

Nomor Surat Permohonan :
460/306/LINJAMSOS

Tanggal Masuk LPJ :
-

Rencana Penggunaan Dana

Dana Proposal Disetujui
Bantuan sosial JSCM tahun 2020 diberikan kepada 2.857 keluarga dengan besaran bantuan yaitu Rp2.000.000,- per KK per tahun. Rp. 5.714.000.000,- Rp. 0,-
Total Rp. 5.714.000.000,- Rp. 0,-

Komentar