Sekplah lapang jagung

Nama Pemohon :
Marhum

Alamat :
Link cigading kelurahan regal ratu kecamatan ciwandan

Latar Belakang :
Latar belakang Sektor pertanian merupakan urat nadi penggerak perekonomian di wilayah pedesaan. Sektor pertanian terbukti lebih tangguh bertahan dan mampu pulih lebih cepat dibanding dengan sektor lainnya, sehingga dapat berperan sebagai penyangga pembangunan Nasional. Peran tersebut terutama dalam penyediaan kebutuhan pangan pokok, perolehan devisa melalui eksport, penampung tenaga kerja, pengnggulangan kemiskinan, pengendalian inflasi dan pertumbuhan yang masih positif. Oleh karena itu sektor pertanian mutlak diperhatikan dan ditingkatkan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri. Dewasa ini jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan nasional.  Jagung tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan, tetapi juga sebagai bahan pakan ternak industri, dan bahan bakar alternatif (biofuel) seiring dengan makin berkurangnya cadangan minyak bumi dunia. Permintaan akan jagung terus mengalami peningkatan, berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi langsung sebesar 1,65 kg/kapita/tahun (data Susenas, 2013), maupun untuk mengimbangi meningkatnya permintaan akan jagung sebagai dampak dari peningkatan kebutuhan pangan, konsumsi protein hewani dan energi. Porsi jagung impor dalam industri pakan selama kurun waktu tahun 2000-2004 cenderung meningkat. Guna memenuhi kebutuhan jagung nasional, maka pemerintah pada tahun 2015 melancarkan upaya peningkatan produksi jagung berbasis kawasan agribisnis melalui Kegiatan Sekolah Lapang Jagung. Kegiatan Sekolah Lapang merupakan program nasional untuk meningkatkan produksi jagung melalui pendekatan sekolah atau anjuran secara massal kepada petani/kelompoktani untuk melaksanakan teknologi jagung yang direkomendasikan.  Pelaksanaan SL Jagung dilakukan dengan pola kawasan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir, didukung dengan penyediaan paket bantuan sebagai instrumen stimulan, serta pendampingan dan pengawalan. Adapun sasaran Sekolah Lapang Jagung, yaitu:  (1) terbangunnya kawasan agribisnis jagung di daerah pelaksana; dan (2) meningkatnya   produksi   jagung   di   daerah   pelaksana   Sekolah Lapang. 1.2. Tujuan Dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang jagung diharapkan : Meningkatkan produksi dan produktivitas jagung di daerah pelaksana Sekolah Lapang Jagung menuju swasembada berkelanjutan.  Petani dapat mengembangkan peluang untuk mendukung upaya peningkatan produksi tanaman jagung. Petani dapat menguji teknologi rekomendasi sesuai dengan kondisi setempat dan kemampuan petani melalui proses pembelajaran. Petani dapat mengumpulkan dan menganalisis informasi masalah, kendala, dan peluang yang dihadapi dalam usahatani jagung.

Maksud dan Tujuan :
Tujuan Dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang jagung diharapkan : Meningkatkan produksi dan produktivitas jagung di daerah pelaksana Sekolah Lapang Jagung menuju swasembada berkelanjutan.  Petani dapat mengembangkan peluang untuk mendukung upaya peningkatan produksi tanaman jagung. Petani dapat menguji teknologi rekomendasi sesuai dengan kondisi setempat dan kemampuan petani melalui proses pembelajaran. Petani dapat mengumpulkan dan menganalisis informasi masalah, kendala, dan peluang yang dihadapi dalam usahatani jagung.

Tanggal Masuk Proposal :
08 Jun, 2018

Detail Proposal

Tahapan : Disposisi oleh Walikota

Nomor Surat Permohonan :
-

Tanggal Masuk LPJ :
-

Rencana Penggunaan Dana

Dana Proposal Disetujui
RENCANA ANGGARAN BIAYA USULAN BANTUAN SEKOLAH LAPANG JAGUNG KELOMPOK TANI CIGADING INDAH Link. Cigading Kelurahan Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon Tahun 2019 Komoditi : Jagung Kecamatan : Ciwandan Kelurahan : Tegal Ratu Nama Kelompok : Rp. 183.040.000,- Rp. 0,-
Total Rp. 183.040.000,- Rp. 0,-

Komentar