Tentang e-Hibah Bansos Mandiri

e-Hibah Bansos Mandiri Pemerintah Kota Cilegon merupakan wujud transparansi penyelenggaraan hibah dan bantuan sosial secara online. Upaya ini dilakukan dalam rangka mendorong perwujudan Masyarakat Cilegon yang Maju dan Sejahtera yang berorientasi pada aspek Kemajuan Bidang Sosial menuju Cilegon Smart City.

Misi utama dari adanya e-Hibah Bansos Mandiri Pemerintah Kota Cilegon ini tidak lain adalah mendorong jalannya dana bantuan yang diturunkan Pemerintah Kota Cilegon yang digunakan untuk membiayai berbagai proyek sosial yang diinginkan masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Seluruh proses penyelenggaraan hibah dan bantuan sosial  dapat terlihat dan diawasi oleh seluruh lapisan masyarakat secara langsung.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi, pemerintah dan masyarakat dituntut untuk segera melakukan pembenahan dan penyesuaian agar seluruh proses bisnis pada layanan publik dapat dilakukan melalui aplikasi e-Government. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengirimkan permohonan atau proposal bantuan sosial secara online, dan dapat langsung mengamati dan mengawasi bagaimana status proposal tersebut (apakah diterima, ditolak, sedang diverifikasi, dan sebagainya). Dengan konsep demikian, maka perwujudan Cilegon Smart City dalam konteks Government to Citizen dapat berjalan secara optimal. Aplikasi ini bersifat partisipatori, yang artinya masyarakat dituntut untuk memberikan peran serta secara aktif guna kemajuan bersama.

Untuk itu mari bersama-sama melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan maju melalui pemanfaatan teknologi informasi, karena tanpa peran serta masyarakat tidak akan terwujud kemajuan bersama. Mari bersama wujudkan Cilegon Maju dan Sejahtera dengan membawa misi Agenda Cilegon Berwibawa melalui penyelenggaraan e-Government.

MENGENAL e-HIBAH BANSOS MANDIRI PEMERINTAH KOTA CILEGON

e-Hibah Bansos Mandiri Pemerintah Kota Cilegon mengakomodir penyelenggaraan hibah dan bansos secara online. Bansos atau Bantuan Sosial, yaitu program bantuan dana diberikan secara selektif oleh pemerintah untuk ide-ide kreatif yang diusulkan oleh seluruh masyarakat Kota Cilegon khususnya, baik secara perseorangan maupun kelompok. Bantuan Sosial, bersifat sementara, tidak terus-menerus, tidak mengikat dan tidak wajib. Hibah, yaitu program bantuan dana berkelanjutan dan terikat yang diberikan oleh pemerintah untuk setiap pengajuan proyek kreatif dari Lembaga Sosial Masyarakat (Non-Government Organitation atau NGO).

BAGAIMANA TAHAPANNYA?

Setiap masyarakat atau organisasi di Kota Cilegon yang ingin mengajukan proposal hibah bansos melalui e-Hibah Bansos Mandiri Pemerintah Kota Cilegon cukup mendaftarkan melalui aplikasi dan mengirimkan kelengkapan dokumen secara langsung, setelah itu Pemerintah Kota Cilegon akan melakukan verifikasi secara berjenjang. Adapun tahapan verifikasi selengkapnya sebagai berikut :

  1. Masyarakat mendaftarkan proposal hibah bansos secara online melalui aplikasi e-Hibah Bansos Mandiri Pemerintah Kota Cilegon.

  2. Tata Usaha Pimpinan menerima proposal beserta dokumen pendukungnya secara online.

  3. Walikota akan melakukan disposisi proposal kepada SKPD terkait.

  4. SKPD terkait akan memeriksa proposal tersebut dan memberikan rekomendasi besaran dana yang diusulkan untuk diberikan.

  5. Tim Pertimbangan akan memeriksa usulan dana dari SKPD dan melakukan pemeriksaan uraian usulan dana.

  6. TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) akan memeriksa usulan dana dari SKPD dan Tim Pertimbangan untuk kemudian memberikan rekomendasi final dana yang akan diberikan. Selanjutnya, seluruh proposal yang diberikan rekomendasi dana akan dikumpulkan dalam dokumen Daftar Nominatif Calon Penerima Belanja Hibah (DNC PBH).

  7. Walikota akan memeriksa DNC PBH. Apabila disetujui maka proposal-proposal yang termasuk dalam DNC PBH tersebut siap berjalan.

Tahapan

  • Pendaftaran Proposal Hibah Bansos secara Online
  • Penerimaan Dokumen Permohonan Hibah Bansos oleh TU
  • Disposisi Walikota
  • Rekomendasi Dana Oleh SKPD
  • Pengecekan Tim Pertimbangan
  • Verifikasi Proposal Oleh TAPD
  • Persetujuan Walikota
  • Dana Tersalurkan
  • Proyek Hibah Bansos Berjalan